Apa Kelebihan Layar AMOLED?

Kelebihan Layar AMOLED
Apa Kelebihan Layar AMOLED?

BERITA TEKNOLOGI – Layar dengan panel AMOLED menjadi salah satu alasan dalam memilih smartphone. Smartphone yang menggunakan layar AMOLED bisa menghasilkan gambar terbaik dengan komposisi warna dan ketajaman luar biasa. Pada layar AMOLED sendiri menerapkan panel yang menggunakan perpaduan teknologi OLED dan TFT LCD. Sehingga tampilan antarmuka maupun bentuk di dalamnya mampu mencapai titik ketebalan 1/1000 tanpa adanya penurunan ketajaman.

Sepertinya POCO mengerti kebutuhan layar ponsel yang berkualitas dalam menampilkan gambar dan membuat lebih nyaman di mata. Yaitu dengan memanfaatkan panel Active Matrix Organic Light Emitting Diode (AMOLED).

Read More

laporan dari lembaga riset mengatakan bahwa Indonesia adalah negara yang masyarakatnya paling lama menghabiskan waktu dengan smartphone. Sehingga memerlukan layar smartphone untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Menurut Head of Marketing POCO Indonesia, Andi Renreng mengatakan data sepanjang 2021, Orang Indonesia rata-rata menghabiskan 5,4 jam per hari di depan layar smartphone.

Di tahun itu terjadi kenaikan yang sangat pesat daripada dua tahun sebelumnya. Yakni 3,9 jam per hari pada 2019 dan di 2020 rata-rata 5 jam sehari.

Sedangkan anak muda Indonesia mempunyai banyak aktivitas di luar ruangan. Hal ini yang membuat peningkatan kebutuhan layar smartphone yang berkualitas agar tetap terlihat jelas.

Baca Juga: CUMA 1 JUTAAN! 5 HP layar lebar enak buat gaming!

Berikut ini adalah kelebihan lain AMOLED dibanding teknologi layar sebelumnya:

Pemakaian Daya Lebih Irit

Kelebihan layar AMOLED yang pertama adalah pemakaian daya lebih irit. Pemakaian daya yang lebih rendah atau efisiensi energi yang lebih baik jika dibandingkan dengan teknologi layar lainnya seperti LED dan LCD merupakan salah satu kelebihan layar AMOLED.

Di balik pixel layar AMOLED selalu memancarkan cahaya, Jadi tidak membutuhkan lampu latar warna yang perlu daya tambahan dari sumber energinya. Dan juga warna hitam tidak mengonsumsi daya karena sebenarnya itu adalah piksel yang sedang tak aktif.

Begitu juga dengan prinsipnya ketika warnanya makin gelap, berarti semakin sedikit konsumsi dayanya. Penghematan bisa menyampai 30 atau 40 persen. Karena efisiensi energi ini, AMOLED menjadi lebih ramah lingkungan.

Kualitas

Layar AMOLED mempunya warna lebih pekat, Jika disatukan dengan contrast ratio yang tinggi. Contrast ratio adalah perbandingan antara putih yang paling terang dengan hitam yang paling gelap.

Hasil gambarnya lebih cerah dan lebih hidup serta sudut pandangnya juga lebih baik. Artinya, tidak ada perubahan warna yang mencolok dan kecerahannya tetap pas meskipun dilihat dari sudut yang ekstrem.

Ramping

Pada umumnya panel AMOLED memiliki lapisan plastik organik dengan ketipisan 100 sampai 500 nanometer. Kira-kira 200 kali lebih tipis dari sehelai rambut manusia. Kemungkinan akan lebih banyak cahaya yang menembus untuk menghasilkan lebih terang.

Karena tipis membuatnya jadi lebih ringan dan fleksibel. Selain memungkinkan produsen memproduksi ponsel yang lebih tipis serta ringan, AMOLED juga mewujudkan layar melengkung bahkan layar lipat.

Baca Juga: 3 Peningkatan di Oppo Reno8 T Series

Tak mudah tergores

Pada bagian luar layar terdapat lapisan pelindung. Tetapi ketahanan layar AMOLED dari goresan belum setara dengan Gorilla Glass.

Related posts