
Meta dikabarkan telah meningkatkan algoritma rekomendasi pada platform sosialnya Facebook upaya menyaingi TikTok kompetitornya. Pembaruan ini memungkinkan platform lebih cepat mempelajari minat pengguna dan menampilkan video Reels yang lebih baru dan relevan.
Dilaporkan The Verge, Rabu, tahun ini Meta memang berupaya membuat Facebook agar bisa kembali relevan dengan penggunanya. Januari 2025, CEO Meta Mark Zuckeberg mengatakan bahwa “bersemangat untuk kembali ke Facebook OG”.
Perubahan baru yang diambil perusahaan ini menjadi upaya Facebook untuk bisa memberikan pengalaman video platform seperti TikTok. Sebagai upaya untuk membantu pengguna lebih mudah melihat video baru. Facebook menampilkan 50 persen lebih banyak reels dari kreator yang dipublikasikan hari di mana pengguna menonton.
Perusahaan juga mempermudah untuk melihat apakah seorang teman telah menyukai reels dengan fitur yang disebut friend bubble, yang muncul di kiri bawah video. Jika pengguna melihat friend bubble dan ingin mengobrol, pengguna dapat mengetuk bubble untuk membuka obrolan pribadi.
Mereka telah meningkatkan waktu oleh pengguna untuk menonton Facebook lebih dari 20 persen dari tahun ke tahun.
Selain meningkatkan algoritma, Juni 2025 Meta mengumumkan bahwa mereka akan membuat semua video Facebook dalam format reel. Mereka juga akan menghapus batasan durasi untuk reel di platform tersebut.
Baca Juga : Meta Hadirkan Dubbing AI untuk Video Instagram dan Facebook
Baca Juga : Facebook minta pengguna berbagi foto galeri kamera terhubung Meta AI