Fakta-Fakta Mengejutkan Smartphone yang Harus Kamu Tahu!

fakta-fakta mengejutkan smartphone
fakta-fakta mengejutkan smartphone

BERITA TEKNOLOGI – Fakta-Fakta Mengejutkan Smartphone, apakah kamu sudah tahu?

HP atau yang kerap kali disebut ponsel pintar, sudah merubah banyak aspek gaya hidup serta kehidupan manusia didunia ini.

Read More

Karena fitur dan teknologi canggih dari HP Android dan iOS. Pengguna bisa melakukan komunikasi dan mencari informasi dengan mudah.

Baca juga: Hacker Ransomware Serang Universitas Ternama Israel!

Baca juga: Chatbot AI Bard Rugikan Google Hingga100 Miliar Dolar AS

Tapi, walaupun mempunyai banyak manfaat, ternyata terdapat beberapa fakta unik dan mengejutkan soal smartphone.

Fakta-Fakta Mengejutkan Smartphone

1. Bakteri pada Smartphone 10x Lebih Banyak dari Toilet

Menurut laporan peneliti Insurance2go, dibandingkan dengan toilet duduk, ternyata bakteri di smartphone 10 kali lipat lebih banyak dari closet.

Hal ini ditemukan saat para peneliti asal Inggris itu mengusap penyeka pada tiga ponsel uji coba, yaitu iPhone 6, Galaxy S8, dan Pixel.

Pada Galaxy S8 salah satu area yang banyak bakterinya ialah dilayar, dengan 100 CFU (unit pembentuk koloni) per cm2.

Sedangkan untuk iPhone dan Pixel sendiri, terdapat sekitar 40 CFU dan 12 CFU. Selain hal tersebut, beberapa bagian belakang ponsel seperti tombol kunci, dan home pun menjadi sarang bakteri.

Dari pendapat peneliti, alasan kenapa kandungan bakteri banyak diponsel, dikarenakan pengguna jarang membersihkan ponsel mereka. Dan pengguna dari tiga ponsel itu mengaku hanya membersihkan ponsel mereka sekitar enam bulan sekali.

Dr. Shirin Lakhani dari Elite Aethetics mengungkapkan, akibat kuman yang begitu banyak diponsel bisa menyebabkan masalah kulit, seperti jerawat pada wajah.

2. Sebagian Besar Smartphone Tidak Didaur Ulang

Pakar dari forum Limbah dari Peralatan Listrik dan Elektronik (WEEE) menemukan 5,3 miliar ponsel diantaranya akan berakhir ditempat pembuangan sampah. Itu disebabkan karena orang tidak mendaur ulang smarpthone mereka dengan benar.

Beberapa tempat seperti laci, lemari, garasi, digunakan untuk menyimpan ponsel. Dan setelah itu, ponsel akan dibuang ke tempat sampah, dan berakhir ditempat pembuangan sampah atau pembakaran.

Dalam laporan forum WEEE antara Juni hingga September 2022, ada sekitar 24,5 juta ton e-waste atau setara dengan berat empat Piramida Besar Giza diproduksi secara global.

3. Berat Smartphone Pertama di Dunia

Martin Cooper seorang karyawan senior Motorola menciptakan ponsel pintar pertama ditahun 1983. Dinamakan Motorola DynaTac 8000x, ponsel ini mendapatkan julukan ‘The Brick’ atau ‘Batu Bata’ akibat beratnya.

Berbeda jauh dengan berat smartphone yang saat ini beredar dipasaran. Ponsel Motorola DynaTac 8000x ini mempunyai berat hingga 11kg.

Ketika diluncurkan, ponsel ini hanya bisa menyimpan 30 kontak dengan masa bicara sampai 30 menit. Untuk harganya sendiri, ponsel ini dihargai sekitar USD 3.999 masa itu.

4. Smartphone Dapat Diretas dan Dipakai untuk Mata-matai Pengguna

Jutaan smarpthone Android berisiko kena retas, itu disebabkan karena banyak celah keamanan aplikasi dari Google Play Store atau bawaan. Laporan tersebut diungkapkan oleh Microsoft.

Karena aplikasi jahat semakin merajalela, Microsoft pun mempertanyakan soal seberapa efisien fitur Play Protect pada Google Play Store.

Menurut peneliti Microsoft, framework ini digunakan oleh banyak perusahaan yang mengkhususkan dalam pengembangan aplikasi. Yang termasuk juga aplikasi sistem yang terintegrasi secara default di smartphone.

Dan hal tersebut membuat ponsel rentan akan aksi peretasan. Atau bahkan digunakan sebagai alat untuk memata-matai penggunanya.

Dan kasus yang menjadi sorotan adalah bagaimana spyware buatan perusahaan Israel yang bernama Pegasus menyusup serta mencuri informasi pribadi pengguna.

Dan kabarnya aplikasi ini sering digunakan untuk memata-matai lawan politik, jurnalis, sampai aktivis kemanusiaan.

5. Siapa Penemu Smartphone?

Penemu smartphone pertama bukanlah Apple maupun Google, melainkan IBM. Perusahaan teknologi dari AS ini merilis smartphone yang pertama pada 16 Agustus 1994.

Ponsel komersial pertama yang mempunyai fitur layar sentuh ialah Simon Personal Communicator.

Layar Simon Personal Communicator bisa bekerja karena bantuan dari stylus atau ujung jari. Didalamnya pun terdapat kalender, buku kontak, kalkulator, serta notepad.

Related posts