GASA, Aliansi Raksasa Teknologi Bersatu Perangi Scam di Indonesia

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) dan Mastercard, bersama dengan Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech) mengumumkan peluncuran Global Anti-Scam Alliance (GASA) Indonesia Chapter.

Apa Itu GASA?

GASA disebut inisiatif strategis sebagai upaya kolektif dalam menghadapi meningkatnya penipuan digital di Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, GASA Indonesia Chapter dibentuk setelah pembentukan chapter Singapura pada tahun lalu.

Read More

Sebagai salah satu ekonomi digital dengan pertumbuhan tercepat di Asia, Indonesia sangat dinamis namun juga rentan. Menurut Laporan Penipuan Asia GASA 2024, 65% orang Indonesia mengalami upaya penipuan setiap minggu.

Peluncuran ini merupakan respons strategis untuk menghadapi ancaman yang semakin meningkat ini secara langsung. Penipuan telah menjadi masalah yang meresahkan, memengaruhi konsumen, bisnis, dan institusi. Sehingga, kolaborasi lintas sektor menjadi lebih mendesak dari sebelumnya.

“Jadi, GASA kolaborasi dengan tujuan utama untuk edukasi dan kita juga berkolaborasi dengan industri, dengan pemerintah, dengan semua sektor untuk bersama-sama memerangi scamming untuk masyarakat Indonesia,” ujar Chairman GASA Indonesia Chapter, Riski Damayanti di kantor pusat Indosat Ooredoo Hutchison.

Sebagai informasi, GASA adalah organisasi nirlaba internasional yang berdedikasi menyatukan para pemangku kepentingan lintas sektor, termasuk badan pemerintah, platform teknologi, institusi keuangan, kelompok perlindungan konsumen, dan masyarakat sipil. Untuk apa? Untuk melawan penipuan online melalui kolaborasi, pendidikan, dan penelitian.

“Sekitar 50% dari penduduk di Asia, kita baru keluar laporan di Asia, itu paling tidak seminggu sekali pernah menjadi korban dari orang berusaha scam,” ucapnya.

Baca juga: Tiga Isu, Satu Arah: Digital Bukan Lagi Ruang Bebas

GASA Indonesia Chapter akan dipimpin oleh Indosat sebagai Ketua. Mastercard dan AFTECH bertindak sebagai Wakil Ketua, bersama organisasi terkemuka. Seperti Dana, Google, GSMA, Meta, Shopee, dan Tech for Good Institute yang bergabung dalam koalisi ini. Fokusnya adalah berbagi intelijen antar industri, kampanye edukasi publik, dan inovasi kebijakan guna memperkuat kepercayaan serta keamanan digital.

Misi Utama GASA Indonesia Chapter

Disampaikan bahwa misi utamanya adalah membangun koalisi sektor swasta yang bekerja sama erat dengan Kementerian Komunikasi dan Digital Republik Indonesia (Komdigi), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan institusi terkait lainnya. Mereka memastikan sinergi yang kuat antara sektor publik dan swasta dalam melawan penipuan.

“Target pertamanya akan mengeluarkan Indonesia Anti Scam Report itu akan khusus untuk melihat sejauh mana yang berada di Indonesia. Karena GASA platform netral, kita akan lintas industri bekerjasama terkait edukasi juga mendorong inovasi-inovasi apa yang bisa didukung untuk mencegah scam,” tuturnya.

Mastercard, sebagai anggota pendiri global GASA dan penasihat untuk Asia Tenggara, memainkan peran penting dalam memulai Chapter ini di Indonesia. Indosat, melalui jaringan luasnya, kemampuan AI, dan fokus pada inklusi digital, secara aktif mendukung upaya di lapangan untuk melindungi masyarakat Indonesia dari penipuan dan spam.

Baca juga: Didukung Indosat, Komdigi Buka Pusat AI untuk Genjot Kedaulatan AI

Related posts