BERITA TEKNOLOGI- Lemahnya pasar Tablet dan penjualan Chromeboook saat ini turun drastis. Seluruh dunia mengalami penurunan pada pengiriman tablet dan Chromebook.
Tahun 2022 Penjualan Chromebook mengalami penurunan dan Lemahnya pasar Tablet terjadi di seluruh dunia.
IDC melaporkan bahwa pengiriman tablet di tahun 2022 mengalami sedikit penurunan sekitar 3,3%. Hal itu terjadi dari tahun ke tahun. Mereka juga melaporkan bahwa di tahun 2022 ada 45,7 juta unit yang terjual.
Saat pandemi pasar tablet mengalami pertumbuhan yang cukup tinggi, namun sekarang berbeda. Sekarang pasar tablet mengalami penurunan tetapi untuk pengiriman tablet masih lebih tinggi dibandingkan dengan level pra-pandemi.
Selain pengiriman tablet yang mengalami penurunan, pengiriman Chromebook juga mengalami penurunan pada kuartal keempat di tahun 2022.
Pengiriman Chromebook mengalami penurunan di tahun 2022 sekitar 24,3%, hal itu terjadi dari tahun ke tahun dan sudah terjual 3,6 juta unit.
Pada tahun 2021, pengiriman Chromebook mengalami pertumbuhan 180,5%. Namun di sepanjang tahun 2022 pengiriman Chromebook mengalami penurunan sebesar 48%.
Samsung dan Apple selalu menjadi paling utama dalam memimpin pasar tablet
- Apple meluncurkan beberapa produk terbarunya, sehingga Apple mengalami peningkatan sebanyak 10 poin persentase di tahun 2022.
- Beberapa tablet premium dari Samsung yang membantu mendorong volume pengiriman. Beberapa mengalami penurunan pada pengiriman karena permintaan yang lemah, sehingga kuartal pengiriman terbaiknya adalah kuartal keempat.
Lenovo dan Huawei berada dalam ikatan statistik di posisi keempat. Di Tiongkok Huawei mengalami peningkatan dalam penjualan tablet layar lebar.
Beberapa proyek komersial berakhir dan membuat Lenovo mengalami penurunan pada pengiriman dan penurunan ekonomi. Jadi untuk mendorong penjualan, vendor harus fokus pada segmen komersial.
IDC Anuroopa Nataraj menyatakan bahwa vendor harus berfikir ulang tentang portofolio produk untuk mengikuti dinamika pasar yang selalu berubah, melayani konsumen, pendidikan, dan juga perusahaan.