Pengertian Mobile Banking dan Kekurangan Kelebihannya
Pengertian Mobile Banking dan Kekurangan Kelebihannya

Pengertian Mobile Banking dan Kekurangan Kelebihannya

Posted on

BERITA TEKNOLOGIMobile banking merupakan sebuah layanan dari bank untuk melakukan berbagai transaksi perbankan dengan berbagai kekurangan dan kelebihan. Hanya melalui berbagai fitur yang ada pada smartphone anda. Fitur ini merupakan pengembangan dari fitur M-banking.

Perbedaannya adalah aplikasi M-Banking menempel pada simcard, sedangkan aplikasi mobile banking justru ter-install pada ponsel. Perubahan lainnya juga bisa anda lihat langsung di aplikasinya yang lebih menarik dan user friendly.

MSC Akan Menambah Tiga Negara Luar Asia Tenggara

Internet banking (i-banking) hadir sebelum mobile banking yang merupakan salah satu layanan unggulan dari Bank dan untuk mempermudah nasabah bertransaksi.

Fungsi i-banking seperti ATM. Kecuali fitur tarik tunai tidak dapat digunakan pada internet banking. Tetapi i-banking mempermudah anda karena tidak perlu pergi untuk menghampiri mesin ATM.

Vyatta Kembali Meluncurkan Produk Terbaru di Event Gadget Fair

Beberapa tahun terakhir ini ada perkembangan pada smartphone dan jaringan internet semakin merata di berbagai wilayah Indonesia. Semua berkat usaha operator telekomunikasi yang memperkenalkan teknologi broadband. Baik mobile/selular (3G/4G LTE) maupun fixed broadband internet (FWA). Hasilnya jika mengakses berbagai layanan perbankan melalui aplikasi digital. Saat ini menjadi semakin dikenal luas di oleh masyarakat.

Apple Membangun Pabrik Baru di Asia Tenggara

Mobile banking

Berkat aplikasi ini, membuat nasabah perbankan lebih nyaman bertransaksi hanya dari genggaman tangan. Layanan mobile banking kini menjadi standar perbankan dalam bersaing merebut pelanggan.

Terdapat beberapa kelebihanan yang bisa dinikmati oleh pelanggan dalam mengakses layanan mobile banking (M-Banking). Berikut ini adalah kelebihan layanan M-Banking, diantaranya:

  1. Menawarkan aksesibilitas 24 jam.
  2. Menghemat waktu.
  3. Menyediakan cara yang mudah untuk melakukan transfer dana dan pembayaran.
  4. Mempermudah melacak dan memantau rekening bank.
  5. Menydiakan pelaporan secara cepat.
  6. Menangani keluhan konsumen.
  7. Mempercepat proses permintaan dalam belanja online.
  8. Mencegah manajemen invesitasi dari masalah.
  9. Selalu mengirim pemberitahuan tagihan dan pinjaman.
  10. Mengurangi pencurian.

Layanan M-Banking juga mempunyai bebrapa kelemahan, diantaranya adalah:

  1. Transaksi penipuan aplikasi mobile meningkat pesat, dari 600% sejak 2015.
  2. Kerugian penipuan digital mencapai 89% disebabkan oleh peretasan akun yang dilakukan para hacker.
  3. Kasus serangan penipuan terkait dengan M-Banking.
  4. Ada sekitar 82 aplikasi baru yang menyebabkan kerugian dari perangkat mobile hingga mencapai $40 juta. Dengan total pelanggaran sampai 14.392 di tahun 2021.

Demikian penjelasan tentang pengertian Mobile Banking dan kekurangan kelebihannya. Semoga bermanfaat!!.