:strip_icc():format(webp)/kly-media-production/medias/5366549/original/090127200_1759237522-PANA2824-2.jpg)
Studi ini menyoroti kebiasaan konsumen Indonesia dalam menikmati konten streaming serta bagaimana mereka merespons kehadiran iklan di dalamnya.
Magnite, perusahaan teknologi independen penyedia platform transaksi iklan digital terkemuka di dunia, baru saja merilis laporan berjudul “Streams and Screens: Indonesia”. Studi ini menyoroti kebiasaan konsumen Indonesia dalam menikmati konten streaming serta bagaimana mereka merespons kehadiran iklan di dalamnya.
Baca Juga : Pengalaman Pakai Roaming Telkomsel di Jepang, Streaming MaxStream Lancar
Hasil riset menunjukkan, tren menonton streaming di Indonesia terus meroket. Sebanyak 83% penonton kini lebih sering mengakses konten streaming dibanding tahun lalu, sementara 68% berencana membuka akun baru di layanan streaming tahun ini. Rata-rata konsumen Indonesia menggunakan enam platform berbeda, dan 84% di antaranya terbuka mencoba layanan baru.
Temuan Riset yang Jadi Poin Penting
Ada beberapa temuan riset yang bisa jadi sorotan, antara lain:
– Keragaman dan relevansi konten menarik penonton. Penonton streaming mengapresiasi keragaman konten yang tersedia. Namun, 80% merasa lebih terhubung dengan iklan yang selaras dengan tren lokal, dan 82% menyatakan iklan dalam bahasa yang sama dengan konten lebih efektif.
– Pengalaman menonton bersama (co-viewing). 84% responden menonton CTV bersama orang lain, yang tidak hanya memperluas jangkauan tetapi juga meningkatkan penerimaan terhadap iklan. Bahkan, 71% menilai iklan lebih mudah diingat ketika ditonton bersama.
– Peningkatan engagement lewat Iklan Inovatif & Cross-device. 58% penonton menggunakan layar kedua saat menonton konten di TV, sehingga menciptakan peluang bagi iklan interaktif. Selain itu, 86% penonton lebih mungkin melakukan aksi setelah melihat iklan di cross-device.
“Hampir semua konsumen Indonesia aktif di open internet, dan mayoritas penonton video mengakses layanan streaming yang berisi iklan,” ujar Gavin Buxton, Managing Director Asia di Magnite. “Hasil studi kami juga menunjukkan bahwa iklan pada konten streaming mampu memperkuat pesan yang ingin disampaikan melalui iklan lintas perangkat dan terbukti efektif mendorong konsumen dalam melakukan transaksi. Hal ini membuka peluang besar bagi brand untuk terhubung dengan audiens melalui kanal yang berdampak tinggi dan berorientasi hasil.”
Baca Juga : Marvel Vs DC Berpelukan, Buru Penonton yang Tertawan Streamingan