Telkomsel perkenalkan teknologi percakapan digital SAVIA untuk bisnis

Jakarta (ANTARA) – Telkomsel resmi memperkenalkan Teknologi SAVIA Telkomsel, solusi percakapan cerdas yang membantu bisnis menjangkau pelanggan secara aman dan efisien, dengan nama SAVIA.

“Dengan kemampuan skalabilitas tinggi untuk menangani interaksi pelanggan dalam volume besar, sekaligus mendorong produktivitas dan hasil yang terukur di berbagai industri,” kata GM Enterprise Services Management Telkomsel Deborah Sofiana di sela-sela acara Solution Day 2025, di Jakarta, Kamis.

Read More
  •  Kamis, 21 Agustus 2025 16:43 WIB
  •  waktu baca 2 menit
Telkomsel perkenalkan teknologi percakapan digital SAVIA untuk bisnis
GM Enterprise Services Management Telkomsel Deborah Sofiana saat memperkenalkan solusi SAVIA, di sela-sela acara Solution Day 2025, di Jakarta, Kamis (21/8/2025). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Adapun SAVIA yang merupakan singkatan dari Smart AI Voice Interactive Assistant, Deborah sebut sebagai solusi voicebot bertenaga kecerdasan buatan (AI) untuk mengotomasi interaksi rutin pelanggan dan memberikan dukungan secara real-time kepada agen.

“Selain itu, menghadirkan layanan personal seperti manusia, misalnya terkait kasus penggunaan (use case) seperti penagihan, telemarketing, dan pengingat pembayaran. Semuanya sembari meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi biaya,” ujar dia.

Baca Juga : Berita Teknologi

Lebih lanjut, Teknologi SAVIA Telkomsel memiliki sejumlah fitur unggulan seperti pengenalan ucapan otomatis (automatic speech recognition), generative AI, suara ke teks dan synthesizer suara (voice to text and voice synthesizer), hingga komunikasi dua arah melalui panggilan (two-ways communication via call).

“SAVIA use case-nya sangat banyak dimulai dari collection, telemarketing, dan juga payment reminder. Sehingga pain point dari scalability, capacity, and low performance of technology dapat teratasi dan dapat meningkatkan operational efficiency dan juga mengurangi cost dari enterprise,” kata Deborah.

Ia melanjutkan, SAVIA juga mematuhi peraturan perlindungan data untuk penanganan data pribadi; real-time insights dengan pemantauan terintegrasi dan laporan kinerja; dan memberikan interaksi yang dipersonalisasi dengan pengenalan sidik suara, jenis kelamin, dan emosi.

Selain itu, SAVIA juga memiliki transisi Al ke manusia yang mulus dengan platform lengkap, serta menghadirkan solusi yang dapat diskalakan disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang terus berkembang.

Berita Terkait : Telkomsel Solution Day 2025 hadirkan beragam inovasi berbasis AI

Di sisi lain, selain SAVIA, Telkomsel Enterprise juga memperkuat portofolio solusi B2B dengan meluncurkan tiga solusi lainnya di ajang Solution Day 2025, yaitu platform location intelligence berbasis data besar mobilitas dan demografi SiteSense; platform real-time untuk kendaraan berbasis jaringan Telkomsel LinkCar; serta solusi pembayaran aman QRIS Soundbox.

Related posts