Beritateknologi.co.id – TikTok telah meluncurkan fitur baru bernama TikTok Spotlight pada 8 Agustus 2024. Fitur ini adalah halaman khusus dalam aplikasi yang memudahkan promosi film dan acara televisi.
Studio atau rumah produksi dapat menambahkan tautan promosi di atas nama kreator yang mengunggah video terkait. Di halaman ini, pengguna dapat melihat informasi lengkap tentang film atau serial. Genre, sinopsis, durasi, pemeran, dan akun resmi di TikTok juga ada di halaman ini.
Ada juga opsi “Buy Tickets” untuk membeli tiket bioskop dan “Watch Now” untuk menonton serial di platform streaming.
TikTok Spotlight bekerja sama dengan studio film untuk memilih kreator yang tepat, jadi tidak semua video di TikTok akan memiliki tautan promosi.
Baca Juga : ASUS Luncurkan Monitor Gaming ROG Swift OLED PG32UCDP
Pemilihan video dilakukan oleh TikTok dengan teknologi dan tinjauan manual, berdasarkan tagar, kata kunci, audio, dan cuplikan film atau serial.
Selain itu, TikTok juga mempertimbangkan jumlah tayangan, pengikut kreator, dan kepatuhan mereka terhadap aturan TikTok.
Studio film dan pembuat serial dapat menggunakan dasbor analitik untuk melacak tren penggemar dan mengelola penggunaan IP mereka. Mereka juga bisa memutuskan untuk menghapus video yang dianggap merugikan reputasi film.
James Stafford dari TikTok menyatakan bahwa setiap kampanye di TikTok Spotlight memberikan insentif khusus bagi kreator, seperti bingkai foto profil eksklusif, filter, merchandise, dan tiket film.
Contoh fitur ini terlihat pada konten terkait serial House of the Dragon. Ketika pengguna klik tautan, mereka akan diarahkan ke halaman khusus yang berisi informasi lengkap dan hadiah eksklusif, seperti bingkai foto profil bertema naga bagi yang mengunggah vidio.
Baca Juga : Pabrikan China luncurkan PC keyboard lipat dengan Ryzen 7.
Fitur ini juga digunakan dalam kolaborasi TikTok dengan Warner Bros. Discovery untuk mempromosikan film Dune: Part Two.