Tiru Twitter, Meta Kenalkan Verifikasi Biru Berbayar

Tiru Twitter, Meta kenalkan Verifikasi biru berbayar
CEO Meta Mark Zuckerberg

Berita Teknologi – Melalui “Meta Channel” di akun Instagramnya, serta sebuah postingan di akun Facebook pribadi Mark Zuckerberg. CEO Meta tersebut, umumkan akan adanya layanan baru dari Meta yang bernama “Meta Verified”.

CEO Meta tersebut juga mengatakan, dengan layanan bernama Meta Verified ini, memungkinkan bagi pengguna Instagram dan Facebook bisa melakukan verifikasi akun menggunakan kartu identitas. Serta mendapatkan centang biru, dengan membayar biaya langganan per-bulan.

Benefit yang didapat pelanggan Meta Verified

Selain itu, pelanggan juga akan mendapatkan benefit lain seperti halnya perlindungan tambahan dari akun-akun yang mungkin mengklaim meniru atau impersonating.

Benefit langganan lainnya dari Meta Verified yaitu, pengguna yang mendaftar ke layanan Meta Verified akan mendapatkan stiker eksklusif untuk Stories dan Reels.

Pengguna juga akan menerima 100 bintang gratis per bulan. Bintang ini merupakan mata uang digital yang dapat digunakan untuk memberi tip kepada pembuat konten di Facebook.

Meta mencatat, untuk saat ini, akun bisnis belum dapat mengajukan lencana Meta Verified, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Senin (20/2/2023).

Selain itu, pengguna tidak dapat mengubah nama profil, nama pengguna, tanggal lahir, atau foto profil pengguna tanpa melalui proses verifikasi lagi.

Layanan Meta Verified ini mirip dengan layanan Twitter Blue yang dirilis beberapa waktu lalu.

Baca juga = Shopee Jadi Trending Topic di Twitter Karena Error

“Fitur baru ini adalah tentang meningkatkan keaslian dan keamanan di seluruh layanan kami,” ujar Mark Zuckerberg.

Untuk biaya langganan Meta Verified dipatok seharga 11,99 dollar AS (sekitar Rp 182.000/bulan) untuk pengguna Instagram dan Facebook versi web.

Sementara untuk pengguna iOS dibanderol dengan harga yang lebih mahal, yakni 14,99 dolar AS (sekitar Rp 227.000) per bulan.

Dalam unggahan di laman resminya, layanan Meta Verified masih diuji coba untuk pengguna Instagram dan Facebook di wilayah Australia dan Selandia Baru mulai minggu ini.

Artinya, pengguna di wilayah lain, termasuk Indonesia, belum bisa mencoba layanan baru dari Meta Verified tersebut.

Namun, dalam postingannya, Zuckerberg berjanji akan segera merilis langganan Meta Verified ke lebih banyak negara.

Syarat mendaftar Meta Verified

Untuk mendaftar di layanan Meta Verified, pengguna harus memenuhi persyaratan minimum seperti berusia minimal 18 tahun atau lebih. Serta mengirimkan kartu tanda pengenal (ID yang dikeluarkan pemerintah) yang sesuai dengan nama dan foto pada akun Facebook atau Instagram.

Selanjutnya, bila sudah berlangganan dan akun terverifikasi, pengguna bisa mendapatkan centang biru (verified account).

Namun, belum diketahui secara rinci apakah layanan Meta Verified hanya menyediakan centang biru, atau bakal ada warna centang lain. Atau label khusus untuk media dan pejabat pemerintah seperti yang dimilik layanan Twitter Blue.

Related posts