Xiaomi AI Glasses vs Ray-Ban Meta AI Glasses. Duel Gaya dan Teknologi di Dunia Kacamata Pintar
Pada bulan Juni lalu, Xiaomi meramaikan pasar wearable dengan meluncurkan Xiaomi AI Glasses. Sebuah kacamata pintar yang memadukan desain modis dan teknologi mutakhir. Dengan harga mulai CNY 1.999 atau sekitar Rp4,5 jutaan. Perangkat ini langsung bersaing dengan Ray-Ban Meta AI Glasses buatan Meta yang juga menyasar kelas menengah dengan harga setara. Lalu, siapa yang lebih unggul?
Desain dan Kenyamanan
Xiaomi AI Glasses memiliki bobot ringan hanya 40 gram dengan bingkai TR90 nylon berbentuk D dan engsel berbahan titanium alloy berstandar aerospace yang diklaim mampu bertahan hingga 18.000 kali buka-tutup. Xiaomi menyebutkan bahwa kacamata ini dirancang khusus mengikuti kontur wajah pengguna Asia. Pelipisnya dapat diputar keluar 12° dan memiliki kemiringan ke depan 5°, untuk memberikan kenyamanan maksimal.
Fitur menarik lainnya adalah adanya lensa elektrokromik yang dapat menyesuaikan tingkat kegelapan dengan pencahayaan sekitar hanya dengan mengetuk gagang dua kali. Ada empat tingkat transmisi cahaya, dari 10% hingga 48%, dan perubahan warna terjadi hanya dalam 0,2 detik.
Baca Juga : Segera Hadir di Indonesia, Ini 4 Keunggulan Utama vivo Y400
Ray-Ban Meta AI Glasses, di sisi lain, mengusung desain khas Ray-Ban seperti Wayfarer, Skyler, dan Headliner, dengan tambahan teknologi modern dari Meta. Dilengkapi rating tahan air IPX4, perangkat ini juga menawarkan touchpad baru, speaker directional untuk pengalaman audio lebih fokus, serta earcon interaktif yang lebih responsif.
Fitur dan Performa
Xiaomi AI Glasses ditenagai oleh Snapdragon AR1+ dan sistem operasi Vela OS, mendukung HyperAI untuk terjemahan real-time serta perintah suara. Kamera 12MP Sony IMX681 ultrawide mendukung pengambilan gambar dari sudut pandang pengguna dan pengenalan objek. Baterainya tahan hingga 8 jam.
Ray-Ban Meta AI Glasses ditenagai Snapdragon AR1 Gen 1, dilengkapi asisten Meta AI yang bisa diaktifkan dengan suara “Hai Meta.” Kamera 12MP mendukung foto, video, dan live streaming langsung ke Instagram dan Facebook. Harganya mulai dari US$299 atau sekitar Rp4,8 jutaan, dan versi generasi ketiganya dikabarkan hadir di tahun 2025.